Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi - Cegukan pada dasarnya adanya kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Cegukan biasanya akan berhenti dalam beberapa menit atau bahkan jam. Namun, cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Adalagi cegukan yang bertahan lebih lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Akibat dari cegukan keras ini biasanya menyebabkan kelelahan, kurang tidur, dan penurunan berat badan. Cegukan yang terjadi terus-menerus merupakan indikasi ada masalah kesehatan yang lebih serius dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Mengatas Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatas Cegukan Pada Bayi

Bagaimana dengan masalah cegukan pada bayi? Pada intinya masalahnya sama saja, yang berbeda adalah cara penanganannya. Cegukan yang terjadi pada orang dewasa itu biasanya dapat diatasi dengan cara menahan nafas beberapa detik, akan tetapi kita tidak mungkin menyuruh bayi melakukan hal itu. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips cara mengatasi cegukan pada bayi :
1. Mengubah posisi

Ketika ibu menyusui, kadang-kadang tak disadari ada udara yang bisa masuk dan tertelan oleh bayi. inilah yang menyebabkan cegukan pada bayi. Oleh karena itu, ubahlah posisi menyusui anda untuk membatasi jumlah udara yang masuk ke dalam mulut bayi.

2. Sendawa

Lakukan sendawa setelah setelah menyusui. Bersendawa bertujuan mengeluarkan udara berlebih atau gas yang masuk ke perut bayi. Dalam beberapa kasus, bersendawa juga dapat membantu kejang otot rilis di diafragma dan akhirnya dapat menghentikan cegukan pada bayi.

3. Pijat punggung

Ketika bayi anda cegukan, yang perlu dilakukan adalah menenangkan bayi. Gosok punggung bayi sambil menenangkannya sehingga cegukan berangsur-angsur menghilang.

4. Makan secara teratur

Berilah makan bayi anda sebelum mereka terlalu lapar dan perut mengandung banyak gas. Cegukan biasanya menjadi tanda ada masalah di perut. Jika cegukan karena masalah lambung, biasanya disertai dengan muntah.

5. Berhenti makan ketika cegukan tidak hilang

Apabila setelah beberapa menit ternyata cegukan tidak berhenti, berhentilah menyusui bayi. Jika terus memberinya makan atau disusui selama cegukan, bisa-bisa bayi Anda muntah. Ini akan membuat bayi semakin frustasi. Jadi, biarkan cegukan bayi menghilang, lalu menyusui dapat dilanjutkan lagi.

Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi anda para ibu untuk perawatan bayi tercinta. Anda bisa juga melihat artikel sebelumnya mengenai Tips Mengatasi Diare Pada Bayi.

0 Response to "Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi "

Posting Komentar