Berat Badan Ideal Pada Bayi

Berat badan ideal pada bayi – Berat badan setiap bayi yang dilahirkan tentunya memiliki ciri dan juga berat badan yang berbeda. Akan tetapi, kebanyakan bayi rata-rata yang baru lahir memiliki berat badan berkisar antara 2,5 hingga 4,5 kg. Ukuran dan berat badan bayi ibu dipengaruhi oleh :
  • Keturunan orang tua
  • Kesehatan ibu
  • Nutrisi yang bunda konsumsi selama kehamilannya

Dalam hal ini, yang terpenting bukanlah berapa berat badan yang dimiliki oleh bayi ibu saat lahir, namun berapakah berat badan yang mungkin bisa dicapai oleh bayi ibu ketika sudah lahir. Sudah barang tentu anda seorang ibu pasti ingin mengetahui berapakah berat badan ideal bayi yang seharusnya.

Berat Badan Ideal Pada Bayi

Berat Badan Ideal Bayi Normal

 Nah, di bawah ini akan dijelaskan ukuran berat badan bayi sebagai informasi bagi anda :

  • Bayi Usia 0 – 3 Bulan : Berat Badan
  • Bayi Usia 4-6 Bulan : Berat Badan : 6,3 – 7,4 kg ; Tinggi Badan : 62,5 – 66,0 cm
  • Bayi Usia 7-9 Bulan : Berat Badan : 8,0 – 8,9 kg ; Tinggi Badan : 67,5 – 70,5 cm
  • Bayi Usia 10-12 Bulan : Berat Badan : 9,3 – 9,9 kg ; Tinggi Badan: 72 – 74,5 cm

Ada cara menghitung berat badan ideal bayi ibu dengan menggunakan rumus dari dari WHO, seperti berikut ini :

Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4
Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8

Sebagai contoh ketika ibu ingin mengetahui berat badan ideal bayi ibu yang berusia 2 tahun 10 bulan, berarti ditulis dengan n = 2,10 dan selanjutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n) jadi hasilnya adalah 4,20. Kemudian, hasil ini jangan langsung ditambah dengan 8, karena 4,20 diartikan 4 tahun 20 bulan, 20 bulan artinya 1 tahun 8 bulan, jadi 4 + 1,8 = 5,8.  Perhitungan 4,20 berubah menjadi 5,8. Setelah itu baru kemudian ditambah dengan 8. Maka Berat badan Idealnya adalah 13,8 kg.

3 dasar berat badan ideal bayi

Untuk mengetahui pertumbuhan bayi bunda normal atau kurang, bunda bisa melakukan dengan menggunakan 3 pengukuran dasar, yaitu :
  • Berat Badan : Data berat badan akan memberikan informasi kepada ibu apakah berat badan bayi ibu sudah ideal sesuai dengan standar WHO.
  • Tinggi Badan : Data tinggi badan akan memberikan informasi yang sama seperti halnya pengukuran berat badan di atas.
  • Lingkar Kepala : Melalui pengukuran kepala ini, dokter dapat langsung mendeteksi apabila terdapat penyakit ataupun ketidakwajaran dalam pertumbuhan bayi anda.

Yang harus anda lakukan untuk mengejar pertambahan berat badan ideal bayi anda adalah memastikan kebutuhan energi dan nutrisinya terpenuhi. Adapun kebutuhan gizi usia 1-3 tahun adalah sebagai berikut :

Energi : 1000 kkal
Protein : 25 gram
Kalsium : 500 mg
Zat besi : 8 mg

Itulah mungkin sekilas informasi mengenai perawatan bayi tentang berat badan ideal bayi yang bisa kami berikan, untuk bayi ibu yang mengalami cegukan, silahkan ibu bisa membaca  mengatasi cegukan pada bayi.

0 Response to "Berat Badan Ideal Pada Bayi"

Posting Komentar