Cara Mudah Mengatasi Pilek Pada Bayi

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi – Ketika terjadi masalah pada anak anda seperti mengalami sakit pilek yang menyebabkan hidungnya tersumbat, maka sudah tentu anda sebagai ibu sangat merasa khawatir dengan keadaan tersebut. Biasanya pada saat itu, bayi anda susah untuk tidur, selalu rewel dan yang pasti si kecil akan kesulitan untuk bernafas. Oleh sebab itu, ibu harus mengetahui cara yang harus dilakukan dalam mengatasinya. 

Mengatasi Pilek Pada Bayi

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi 


Ada beberapa cara tradisional dan aman yang mungkin bisa anda lakukan di rumah ketika si kecil terkena pilek. Ini dia cara yang paling lazim dilakukan oleh para ibu, antara lain : 

Penguapan secara alami

Salah satu cara perawatan pada bayi yang terserang penyakit pilek adalah dengan cara inhalasi atau penguapan. Anda bisa melakukannya di rumah dengan cara memberikan uap dari air panas yang sudah ditetesi oleh minyak telon. Anda cukuo meletakan ember kecil yang berisi air panas dan telah ditetesi sedikit minyak telon di ruangan si kecil. Biarkan bayi anda menghirup uap dari air tersebut. Dengan demikian, sedikitnya kegiatan ini bisa membantu di kecil dalam melegakan hidungnya yang tersumbat. Anda juga dapat menggendong si kecil dan membantunya untuk telungkup pada kedua tangan anda serta posisikan si kecil dengan wajah berada di atas ember yang sudah berisi air hangat. Ini akan sangat membantu si kecil untuk menghirup uap air hangat tersebut. 

Hangatkan tubuh bayi

Berikan selalu kehangatan pada bayi anda yang sedang mengalami hidung tersumbat. Selain dapat memberikan kenyamanan, kegiatan ini juga dapat membantu melegakan pernafasan si kecil. Selain itu, Anda juga dapat memandikan bayi anda dengan menggunakan air hangat, kemudian menjemurnya pada saat matahari pagi. Ketika bayi anda tertidur, sebaiknya anda mengatur suhu ruangan anda. Namun, disini anda sebaiknya ruangan anda tidak mengunakan AC. Karena suhu rendah pada AC justru akan memperparah keadaan hidung bayi anda. Selain itu, sebelum pergi tidur, oleskan minyak telon pada punggung, perut dan juga area dada si kecil serta berikan pijatan yang lembut. 

Pijat hidung bayi anda

Berikan pijatan yang sangat lembut pada hidung bayi anda tepatnya di bagian atas hidung dan alis, juga berikan sedikit minyak telon. Kegiatan ini sangat membantu si kecil dalam melegakan hidungnya yang tersumbat. Supaya lendir yang ada di dalam hidung si kecil dapat keluar, anda dapat menekan secara lembut sekitar hidung bayi. Namun anda harus berhati-hati, gunakan sapu tangan yang sangat lembut dan jangan memasukan terlalu dalam ke hidung bayi.

Atur posisi tidur pada bayi

Atur lah posisi tidur bayi anda. Karena posisi tidur yang baik akan sedikit melegakan sistem pernafasan si kecil. Miringkan posisi badan bayi ketika tidur, disesuaikan dengan keadaan hidung bayi yang tersumbat. Apabila hidung kiri bayi anda tersumbat, anda dapat memiringkan tidurnya ke samping kanan, namun jika hidung kanan yang tersumbat anda dapat memiringkan nya ke samping kiri. Namun yang harus diperhatikan adalah usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari posisi badan bayi anda.

Larutan Garam

Sejak dari dulu, air larutan garam dapat dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Anda juga dapat melakukan cara seperti ini. Larutkan setengah sendok makan garam pada gelas yang berisi air hangat. Setelah itu, masukan larutan tadi dalam semprotan untuk hidung bayi atau anda dapa menggunakan pipet bayi. Teteskan larutan tersebut ke dalam hidung bayi sebanyak dua kali. Lakukan kegiatan tersebut setiap harinya minimal 3 kali.

Itulah hal yang harus anda perhatikan untuk mengatasi pilek pada bayi. Selain pilek, keadaan yang paling sering terjadi pada bayi yang baru lahir adalah terdapat warna kuning pada kulitnya atau biasa disebut penyakit kuning pada bayi, oleh karena itu sebaiknya anda membaca juga Penyakit Kuning Pada Bayi

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Pilek Pada Bayi"

Posting Komentar