Mengatasi Demam Pada Bayi

Mengatasi Demam Pada Bayi – Seorang ibu akan segera berusaha dengan sekuat tenaga, ketika terjadi demam pada si kecil. Salah satu laporan terbaru di jurnal Persatuan Dokter Anak Amerika tentang demam anak, disebutkan bahwa sebaiknya orang tua lebih baik berkonsentrasi agar membuat nyaman pada anak ketika terjadi demam dibandingkan menurunkan suhunya. 

Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam pada dasarnya memang bukan suatu penyakit, tetapi lebih kepada gejala yang menunjukkan suatu penyakit. Seperti pilek, batuk, radang tenggorokan,diare, infeksi lain pada saluran pernafasan, dan infeksi saluran pencernaan. Sebagian besar orang tua biasanya akan cepat panik jika anaknya mengalami demam.

Berbagai Macam Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam pada dasarnya sebuah mekanisme tubuh dalam melawan suatu penyakit atau infeksi yang biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan sebagainya. Seorang anak dikatakan demam apabila suhu tubuhnya diatas ambang normal ( lebih dari 37,2 derajat celsius ). Gejala yang ditimbulkan biasa adalah suhu tubuh sedikit lebih panas dari biasanya dan juga kadang-kadang disertai badan menggigil. Selain itu, biasanya demam pada bayi akan disertai dengan flu. 

Dengan adanya virus atau bakteri yang menyerang pada tubuh si kecil, maka secara alami tubuh si kecil akan melakukan perlawanan. Ingatlah, antibiotik tidak dapat membunuh virus, karena memang antibiotik bukanlah obat flu. Anda juga tidak perlu memberikan antibiotik pada anak yang demamnya disebabkan oleh virus atau karena sakit flu. 

Ada beberapa perawatan pada bayi yang bisa anda lakukan dalam mengatasi si kecil yang sedang mengalami demam, diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Memantau suhu tubuh si kecil secara berkala dengan menggunakan termometer khusus untuk anak.
  • Memberi cairan dalam jumlah cukup kepada si kecil untuk menjaga si kecil dari dehidrasi.
  • Mengkomsumsi gizi yang seimbang, untuk memperkuat daya tahan tubuh anak.
  • Memperhatikan sirkulasi ruangan, agar tidak pengap.
  • Memberi obat penurun demam. Apabila suhu anak melebihi 38 derajat celsius, berikan obat penurun panas untuk anak. Ketika suhu tubuhnya sudah normal, maka pemberian obat dihentikan.
  • Mengompres si kecil dengan air hangat, terutama apabila suhu tubuh si kecil mencapai 39 derajat celsius. Kompres bisa anda letakkan di perut, dahi, atau paha dan lipatan ketiaknya. Air hangat akan membuat pembuluh darah tepi di kulit melebar dan membuka pori-pori tubuh, sehingga dengan demikian akan lebih mempercepat terjadinya penguapan.
  • Pakaian si kecil diusahakan terbuat dari bahan yang dapat cepat menyerap keringat. Apabila si kecil menggigil, selimutilah dan lepaskan kembali ketika menggigilnya sudah hilang. 
  • Segera bawalah si kecil ke dokter terdekat, apabila demamnya tidak segera turun.


Jadi, yang terpenting sekarang adalah bersikaplah tenang untuk mengatasi demam pada bayi. Apabila si kecil terkena pilek, sebaiknya anda membaca juga Mengatasi Pilek Pada Bayi

0 Response to "Mengatasi Demam Pada Bayi"

Posting Komentar